Apa itu Turnitin? Serta Kelebihan dan Kekuranganya

Bagi kamu yang ingin melakukan pengecekan atau pemeriksaan originalitas tulisan, Turnitin bisa menjadi salah satu solusi.

Turnitin merupakan tools terbaik dan sering dipakai sebagain besar Universitas di berbagai wilayah di Indonesia, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ataupun PTS.

Jadi tidak heran lagi, apabila Turnitin ini bisa dikatakan menjadi pintu gerbang yang harus dilewati penulis maupun peneliti karya tulis ilmiah dari kalangan mahasiswa ataupun dosen. Bahkan sering menjadi ujian atau tantangan bagi mahasiswa untuk wisuda dan bagi dosen untuk mencapai syarat penilaian angka kredit atau penerbitan jurnal internasional seperti SINTA dan SCOPUS.

Apa itu Turnitin?

Turnitin adalah situs penyediaan layanan dengan tujuan mendeteksi kesamaan tulisan baik itu makalah, jurnal ilmiah, artikel, dan lain-lain, dengan mencocokkan dalam hal tulisan yang telah dipublikasikan.

Adapun Teks yang dimaksud mencakup artikel di situs web, paper, dan sumber karya tulis lainnya. Tingkat kesamaan akan ditunjukkan dengan persentase (skor) kesamaan berdasarkan banyak kesamaan kata atau kalimat dan paragraf dari setiap artikel atau karya tulis yang ditemukan. #khairpedia

Aplikasi Turnitin ini sangat berguna untuk lembaga pendidikan yang ingin memastikan bahwa setiap tulisan adalah makalah asli dan belum pernah dipublikasikan. Sehingga institusi dapat menghindari praktik plagiarisme dan membiasakan diri untuk menghargai pekerjaan orang lain.

Siapa saja yang bisa dapat menggunakan Turnitin?

Untuk dapat menggunakan layanan yang telah disediakan oleh Turnitin, maka pengguna (user) harus mendaftar terlebih dahulu, sesuai dengan hak akses (Student, Instruktur dan Administrator).

Hak akses yang dimaksud adalah sebagai siapa pertama kali mendaftar untuk menggunakan program Turnitin, baik itu sebagai dosen atau mahasiswa, guru atau siswa, dan sebagainya.

Apakah seorang penulis bisa menggunakan dari layanan Turnitin? Tentunya pasti bisa tinggal disesuaikan saja dari kebutuhan dalam menggunakan Turnitin tersebut.

Ada beberapa hak akses yang perlu diketahui sebelum mendaftar di Turnitin, hak akses meliputi:

Siswa/ Mahasiswa (Student), adalah hak akses yang digunakan oleh pengguna untuk bergabung dalam kelas yang telah dibuat oleh instruktur. Dalam hal ini siswa/ mahasiswa adalah pengguna (user) yang merupakan anggota dari kelas.

Instruktur, adalah hak akses yang digunakan oleh pengguna (Tutor/ Staff/ Dosen) untuk membuat kelas dengan tujuan memantau hasil tulisan yang telah dikirim oleh satu atau lebih siswa/ mahasiswa.

Asisten Pengajar, adalah hak akses yang mengadopsi karakteristik instruktur dan siswa/mahasiswa, di mana asisten pengajar akan memasuki kelas seperti seorang siswa dan dapat memonitor hasil pemeriksaan seperti instruktur.

Apakah gratis dalam menggunakan layanan dari Turnitin?

Untuk menggunakan atau mengakses layanan dari Turnitin, diperlukan biaya untuk menggunakan semua fitur layanan dari situs website terbaik ini dan ada juga dengan akun gratis yang disedikan oleh Lembaga atau Institusi terkait, namun tidak semua fitur yang bisa digunakan dalam situs website dari Turnitin jika sebagai pengguna Student.

Karena seperti yang kita ketahui Turnitin dilengkapi system dan algoritma yang sangat kompleks, sehingga pengguna tidak dapat mencoba semua fiturnya dengan cuma-cuma.

Oleh karena itu, disini pengguna wajib membayar layanan atau menjadi langganan setiap bulannya bahkan tahunan agar bisa mengakses dan memakai Turnitin.

Kelebihan dan Kekurangan dari Turnitin:

Turnitin bisa dikatakan tools terbaik dalam hal melakukan pendeteksian atau pengecekan kesamaan (similarity) tulisan.

Namun, hal demikian Turnitin juga memiliki kekurangan, bukan berarti sistem ini sempurna namun pasti mempunyai kekurangan dalam hal teknis.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Turnitin yang perlu diketahui:

Kelebihan,

1. Mampu mencegah plagiarisme dan bisa mendeteksi dari tulisan aslinya. Jadi setelah menggunakan dari layanan Turnitin, pengguna bisa mendeteksi originalitas tulisan.

2.  Dapat mengecek dari komentar pemeriksa yang direkam atau diketik.

3.  Menyediakan layanan umpan balik yang terperinci dan akurat untuk para pengguna tanpa khawatir dengan hasil anonim dari sistem tersebut.

4.  Hasil pemeriksaan termasuk kategori sangat cepat dari tools lainnya, karena dengan unlimited jumlah halaman maupun unlimited word, mampu melakukan pengecekan hanya dengan waktu beberapa menit saja, tentunya didukung dengan koneksi internet yang memadai.

Kekurangan,

1. Harus terkoneksi akses internet yang stabil dalam menjalankan situs layanan dari Turnitin.

2. Turnitin tidak dapat membedakan teks dengan perlakuan khusus seperti halnya dikutip dengan benar secara akurat.

3. Website seringkali mengalami down dan lambat sehingga perlu melakukan refresh dari website tersebut.

Itulah informasi terkait Turnitin, pada intinya program ini bisa sebagai alat bantu dalam melakukan pengecekan karya tulis ilmiah berupa jurnal, skripsi, tesis, disertasi, taska bahkan modul atau buku saku yang ditulis oleh mahasiswa, guru dan dosen yang bertujuan supaya terhindar dari plagiat.

Cek Turnitin mampu meminimalkan resiko plagiasi di dunia pendidikan, terhindar dari perasaan khawatir apabila hasil tulisan dilakukan pengecekan oleh pihak dosen dengan menggunakan Turnitin.

Jika Anda benar-benar membuat hasil karya tulisan dari hasil penelitian murni dan ditulis dengan tangan Anda sendiri, So kenapa harus takut! Turnitin bisa ditaklukan dan dihadapi dengan mudah. #khairpedia