Desain Tata Ruang untuk Kamar Tidur Anak Kembar

Memiliki anak kembar adalah salah satu karunia yang sangat membahagiakan untuk keluarga kecil. Tetapi bagaimana desain tata ruang untuk kamar tidur anak kembar? Mungkin hal ini bisa menjadi kebingungan bagi beberapa orang tua. Terlebih jika ruangan yang dimiliki tidak cukup banyak.

Berikut ini beberapa desain tata ruang yang bisa dijadikan inspirasi untuk kamar tidur anak kembar dengan konsep ceria.

1. Kamar tidur kecil terpisah

Desain tata ruang yang pertama adalah dengan konsep kamar tidur kecil terpisah. Kamar ini cocok untuk anak yang suka bercerita bersama, sehingga konsep ini cocok untuk bercerita secara berhadapan. Terlebih lagi jika anak-anak takut untuk tidak saling berhadapan.

Letakkan kamar tidur di posisi sudut, sehingga masih ada jarak yang dapat diisi dengan meja lipat atau karpet untuk bermain. Berikan warna cerah dengan beberapa variasi cat warna rumah minimalis yang anak sukai. Tetapi buatlah anak melakukan kerjasama agar warna yang mereka pilih adalah kesukaan keduanya, bukan salah satu.

Konsep kamar ini tidak jauh berbeda dengan kasur yang tidak terpisah, sehingga anak tidur bersama dan tidak ada pembeda.

2. Berikan pembatas

Jika anak kembar memiliki jenis kelamin yang berbeda, mungkin desain kamar tidur dengan pembatas bisa menjadi solusi untuk ruangan yang tidak terlalu besar. Pembatas yang bisa digunakan adalah lemari dengan ukuran yang panjang sehingga bisa menutupi kamar yang disebelahnya.

Kamar ini bisa diberikan desain sesuai dengan keinginan anak masing-masing, seperti anak laki-laki dengan konsep mobil dan anak perempuan dengan warna yang serba pink. Sehingga kamar tersebut bisa dibuat sesuai dengan kreasi anak tersendiri.

3. Kamar tidur tingkat

Desain terakhir yang bisa dijadikan inspirasi adalah kamar tidur tingkat. Konsep ini banyak digunakan untuk ruangan yang tidak terlalu banyak, bukan hanya untuk keluarga yang memiliki anak kembar.

Kamar tidur tingkat memiliki konsep yang lebih simpel karena hanya meletakkan rangka tempat tidur dan kasur di pojok kamar, setelah itu pada ujung lainnya diletakkan lemari dan meja. Konsep ini lebih memiliki sisa tempat kosong yang lebih luas karena tidak memerlukan perabotan yang banyak.

Itulah desain tata ruang untuk kamar tidur anak kembar yang bisa dijadikan inspirasi bagi orang tua, sehingga ruangan yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bahkan budget yang dikeluarkan juga bisa diminimalisir.